Ide Hebat: Memanfaatkan Uang Koin untuk Awal Sukses Berbisnis

Apa yang kamu lakukan saat melihat uang koin (rupiah) jatuh di jalan? Mengambilnya atau membiarkan? Awalnya setiap kali gue melihat uang koin entah itu di jalan atau di dalam rumah, gue membiarkannya begitu saja. Bahkan kalau semisal di dalam rumah gue melihat beberapa keping uang koin (dalam hal ini 100 atau 200 rupiah), gue justru membuangnya ke tong sampah. Karena gue berpikir uang 100 dan 200 rupiah gak bisa buat beli apa-apa, paling buat main Dingdong, itu pun udah gak ada. Jaman sekarang uang koin ratusan seakan udah gak ada nilainya, uang 500 pun sama. Malah setiap kali gue belanja di swalayan dan dapat kembalian recehan (uang koin), gue lebih memilih untuk ditukar dengan permen, atau kalau jumlahnya sedikit dikasih lagi ke kasirnya.

Sampai suatu saat ketika gue sedang membeli sesuatu di swalayan bersama temen gue, kejadian itu kembali terulang, gue dapat kembalian receh-receh. Karena males pegang uang koin, akhirnya gue kasih lagi kembaliannya ke kasir, “nggak ada uang kertasnya Mbak? oh, yaudah deh, ini kembaliannya ambil aja”. Melihat gue memberikan sisa kembalian itu ke kasir, temen gue tiba-tiba bilang, “jangan anggap remeh uang receh, jiwa orang sukses sangat menghargai uang sekecil apapun jumlahnya”. Dari perkataan itu, gue mulai sadar kalau sekecil apapun jumlah uangnya itu ada nilainya. Gue langsung berpikir gimana caranya agar gue bisa memanfaatkan uang-uang koin menjadi sama bernilai seperti uang kertas, yang biasa gue gunakan untuk membeli sesuatu.

Lalu sebuah ide hebat pun muncul, ini baru terpikirkan beberapa hari yang lalu. Mulai sekarang setiap kali gue punya uang koin, atau nemu di jalan, akan gue ambil untuk kemudian gue kumpulkan ke dalam sebuah botol bekas minuman. Fungsinya seperti celengan. Kalau botol itu sudah terisi penuh oleh uang koin, botol itu nantinya akan gue sumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan, utamanya untuk orang-orang kurang mampu atau korban bencana alam.

celengan botol
Baru terisi sepertiga botol

Baru mulai hari ini saja sudah terkumpul sepertiga botol, jumlah uangnya mungkin sekitar 10.000, kalau penuh berarti bisa lebih banyak. Lumayan kan? Koin yang gue masukan macam-macam, ada uang 100, 200, 500 dan 1000an. Semuanya asal masuk gak gue hitung jumlahnya agar semakin mantap menyumbangnya, tanpa ada rasa ragu. Dan alasan kenapa gue kumpulkan uang-uang itu di botol, yaitu supaya lebih aman dan praktis, juga mempermudah seandainya akan disumbangkan ke tempat yang jauh, bisa jadi. Kalau pakai plastik, takutnya nanti malah bolong, secara uang koin kan keras.

Niat awal yang pasti untuk berbagi kebaikan, bersedekah kepada yang membutuhkan. Setiap kebaikan pasti ada manfaatnya, baik itu di dunia maupun di akherat. Gak ada salahnya kalau kita melihat bonus di dunia dari manfaat bersedekah, seperti bertambah rezeki dan memudahkan segala urusan yang buntu. Dan yang perlu diingat, bencana tidak pernah mendahului sedekah. So, menurut gue ini merupakan suatu Ide Bisnis, bahkan ini adalah awal yang pokok sebelum mulai berbisnis. Karena seperti yang sudah disebut di atas, dengan kita rajin bersedekah akan memperkecil datangnya bencana, mungkin maksudnya terhindar dari kerugian. Riset oleh Elizabeth Dunn, menyimpulkan bahwa membelanjakan uang kepada orang lain dapat menimbulkan efek bahagia. Karena sebenarnya, saat kita memberikan sumbangan / sedekah, ada aura positif memancar dari tubuh kita, maka orang lain pun pasti suka dekat-dekat dengan kita karena aura positif itu. Jika banyak orang yang tertarik dengan kita, pasti akan memudahkan kita dalam berbisnis.

Bisa juga memanfaatkan ide tadi dengan cara lain, uang koin yang terkumpul tidak sepenuhnya disumbangkan, tetapi ditukar di Bank menjadi uang kertas. Dengan syarat jumlah tertentu dan sudah dipisah-pisah sebelumnya, sesuai dengan nominalnya. Bukankah itu termasuk Peluang Usaha? Karena memanfaatkan uang yang tadinya seakan tak ternilai menjadi uang ‘sungguhan’. Uang itu kemudian bisa digunakan untuk usaha berikutnya, jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian untuk disumbangkan agar usaha semakin lancar. Tapi semua tetap harus pada prinsip, memberi demi kebaikan orang lain. Bukan take and give, tapi give dulu lalu take. Syukur-syukur kalau give and give. Semoga ide ini berjalan dengan lancar dan bisa menginspirasi.

17 thoughts on “Ide Hebat: Memanfaatkan Uang Koin untuk Awal Sukses Berbisnis

  1. Gw dulu kerjaannya ngitungin uang receh koin dari nasabah yang jumlahnya bisa nyampe jutaan Man. Bener emang. Jangan remehin uang receh. Hihihi.

    1. bisa kan mas, uang receh dituker ke Bank jadi uang kertas? kalo bisa, berapa minimal jumlah uangnya?
      hehe nanya sama orang Bank langsung 😀

  2. Kebetulan sekali, saya sedang mencari ide untuk uang receh Rp100 dan Rp200 yang ada banyak berkat kembalian minimarket. Terima kasih banyak, ya Mas :hehe.
    Kalau yang Rp500 dan Rp1k sudah saya pisahkan buat bayar parkir atau naik angkot (dan ini berguna sekali). Nah, akhirnya saya pun menemukan pemecahan buat yang Rp100 dan Rp200: dikumpulkan dalam botol bekas :hehe.
    Saya izin memakai idenya ya Mas :)).

Leave a Reply

