Selamatkan Bumi agar Bumi Selamatkan Kita

Save Earth to Save Life! via Greenpeace

Hari ini hampir saja gue lupa kalau tanggal 22 April merupakan peringatan Hari Bumi Sedunia, untungnya pagi tadi gue sempat membuka Google yang kebetulan sedang memperingati International Earth Day. Seperti biasa Google selalu mengingatkan kita setiap kali ada hari besar, termasuk Hari Bumi Sedunia ini. Gue pun yang tadinya lupa jadi ingat kembali.

Thanks Google! +100 for the Team.

Peringatan Hari Bumi 2015 oleh Google

Google juga menyertakan kuis kepribadian berjudul ‘Which animal are you?’ di bawah kotak pencarian. Luangkan waktu dan jawab pertanyaan yang ada. Seru lho, jangan sampai terlewat!

Sekilas makna dari peringatan Hari Bumi:
Hari Bumi Sedunia merupakan hari pengamatan tentang bumi yang diperingati secara internasional setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Hari Bumi pada awalnya bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap planet yang ditinggali oleh manusia saat ini yaitu Bumi. Pertama kali dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, pada tahun 1970. Dia adalah seorang pengajar di bidang disiplin ilmu lingkungan hidup. Tanggal ini sebenarnya bertepatan dengan waktu musim semi di daerah Northern Hemisphere pada belahan Bumi utara dan waktu musim gugur pada belahan Bumi selatan.

♣ ♣ ♣

Berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup serta mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam seperti longsor, banjir, angin topan, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan. Kerusakan lingkungan disebabkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampak negatifnya pun akan dirasakan oleh manusia juga. Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup. Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini.

Kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup seharusnya ditanamkan sedini mungkin dan harus berkesinambungan atau tak lekang oleh waktu. Selain itu, perubahan iklim di bumi sangat sulit untuk dicegah meskipun berbagai upaya antisipasi dan pencegahan telah banyak dilakukan. Keadaan ini memaksa manusia untuk dapat beradaptasi dengan perubahan iklim tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengubah perilaku yang merusak alam menjadi perilaku yang selalu cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Untuk memperingati Hari Bumi, bisa dilakukan dengan cara sederhana yang sekiranya kita mampu untuk melakukannya. Gue sendiri memperingati dengan cara menanam pohon di sekitar rumah, tak masalah berapa jumlah pohon yang kita tanam, satu pohon pun sangat bermanfaat bagi bumi. Berdasarkan apa yang gue tau, saat ini penebangan pohon atau pembakaran hutan lebih banyak (sering dilakukan) ketimbang menanam pohon. Karena itu partisipasi kita sangat diperlukan, tanamkan kesadaran mulai dari diri sendiri. Gue juga berharap agar kita selalu menjaga bumi ini setiap saat, tidak hanya ketika ada peringatan atau hari-hari tertentu saja. Not just only one day Earth Day, every day is Earth Day.

Inilah warisan yang akan kita berikan untuk anak cucu kita

Bumi hanya akan menjadi lebih baik, jika kita mau dan berani melakukan lebih banyak kebaikan. Mari bersama-sama kita rayakan Hari Bumi dengan ikut menyelamatkan Hutan Alam tersisa. #SaveOurEarth and #GoGreen:mrgreen:

Advertisements

14 thoughts on “Selamatkan Bumi agar Bumi Selamatkan Kita

  1. Ayo, lestarikan bumi tempat kita tinggal :hehe. Kalau saya sejauh ini hanya merayakan hari ini dengan tidak buang sampah sembarangan :hihi. Selamat Hari Bumi!

  2. Penebangan pohon lebih cepat daripada penanaman pohon. Puluhan tahun menanam pohon, dibalas dengan menebang pohon dalam seminggu. Yang baik memang kadang lama terjadi.

    Kemaren gue ikutan kuis google, dan jadinya sotong. Coba kalo bisa diambil, pasti gue jadiin masakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s