Hari Meteorologi Sedunia dan Kekalahan Real Madrid

Climate Knowledge for Climate Action

Bulan Maret sepertinya menjadi bulan yang bersejarah bagi lingkungan kita. Bagaimana tidak, dalam waktu satu minggu saja ada 3 hari peringatan lingkungan internasional dan terjadi berturut-turut, terhitung mulai dari tanggal 21 sampai dengan 23, hari ini. Tempo hari kita memperingati Hari Hutan Sedunia, kemarin Hari Air Sedunia, dan hari ini yang merupakan peringatan Hari Meteorologi Sedunia. Setiap tanggal 23 Maret diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia atau World Meteorological Day. Kenapa 23 Maret? Karena pada tanggal yang sama di tahun 1950 sebuah badan spesialisasi di bidang Meteorologi di bawah naungan PBB bernama World Meteorological Organization dibentuk. Hari meteorologi sedunia ini diperingati oleh 188 negara anggota WMO.

Nah, sedangkan pengertian Meteorologi sendiri, masih ada yang belum tau? Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang atmosfer, khususnya dalam hal prakiraan cuaca. Gue pun nggak begitu mengerti, karena itu gue ingin mempelajari lebih dalam lagi tentang sains atmosfer, biar bisa kasih definisi yang lebih jelas. Tapi walaupun kurang paham tentang hal tersebut, asal positif, nggak ada salahnya kalau gue ikut berpartisipasi memperingati Hari Meteorologi.

Berpartisipasi dalam peringatan Hari Meteorologi juga termasuk aksi memperlambat perubahan iklim. Untuk ikut berkontribusi bisa dengan memulai dari hal-hal kecil sehari-hari, di antaranya; seperti saat berpergian utamakan dengan berjalan kaki. Kecuali jika jarak yang ditempuh jauh, baru menggunakan motor. Ada lagi, buat para pengendara motor alangkah baiknya ketika lampu merah untuk mematikan sejenak mesin motor. Tapi kalau motor kamu sering mogok sebaiknya cara ini jangan dilakukan, karena takutnya pas lampu udah hijau motor nggak bisa dinyalain lagi, yang ada malah diklaksonin sama pengguna jalan yang lain. Dan yang keliatannya sepele tapi sebenernya berpengaruh banget nih, apalagi kalau bukan asap rokok. Untuk yang mengutamakan jalan kaki, gue udah mulai menerapkan ini, dan ternyata berpergian dengan jalan kaki atau bersepeda jauh lebih asik. Kalau untuk asap rokok, untungnya gue bukan perokok aktif, tapi suka jadi perokok pasif. Tolong bagi para perokok aktif agar segera berusaha untuk berhenti, karena itu juga termasuk bentuk peduli dalam menyelamatkan lapisan ozon yang semakin rusak. Jadi, nggak sulit kan untuk memulai berpartisipasi?

Walaupun sebelumnya emang ada niatan bikin postingan tentang Hari Meteorologi Sedunia ini, sebenernya gue juga udah memutuskan hari ini nggak akan buat postingan. Karena kebetulan hari ini kuota internet gue (seharusnya) habis, tapi rejeki dengan sendirinya menghampiri orang yang sedang kesusahan. Semalem ada pertandingan sepakbola antara Barcelona vs Real Madrid, atau biasa disebut El Clasico. Udah pada tau semua dong ya, pastinya. Sebelum kick-off babak pertama dimulai gue membuat perjanjian dengan temen gue, bukan taruhan, tapi yang kalah kasih pulsa ke yang tim pilihannya menang [?]. Karena gue fans Barca, jadi gue jagoin Barcelona, dan temen gue udah pasti jagoin Real Madrid, masa jagoin wasit. Dan seperti yang kita semua tau, semalem Real Madrid kalah. Hehehekalahehehe. So, hari ini gue dapet kiriman pulsa. Gak seberapa sih, tapi bisa lahh buat internetan sampe rambut Pepe tumbuh gondrong. Gue bisa internetan lagi, dan jadilah postingan ini. Gràcies Barça! Kalau ada fans Madrid yang baca postingan ini jangan mendadak sensi ya, kita tetep temen kok.

Oke, selamat Hari Meteorologi Sedunia. Mari lebih peduli terhadap cuaca dan iklim sekitar demi kehidupan di bumi yang lebih baik. #SaveEarth #SaveNatural #ViscaBarça

38 thoughts on “Hari Meteorologi Sedunia dan Kekalahan Real Madrid

  1. Ora ngarti bola euy Man. Turut berduka buatbyang kalah dan selamat buat yang menang. Hahaha. *disambit
    Selamat hari meteorologi ya!

  2. Hahaha, gue malah nggak tau hari meteorologi sedunia. Cemen habis gue. 😦
    Oiya, kalo bola gue lebih suka liga Inggris. Yang jago banyak. Kalo liga Spanyol itu-itu aja.
    Ciyeee menang taruhan. Eh, namanya apa? Taruhan bukan, sih? Pokoknya gitulah. Bagi-bagi pulsanya biar nggak dosa. Halah.

  3. Yap, jalan kaki memang lebih sehat, Mas. Sayang di jakarta ini, niatan jalan kaki biar lebih sehat, kadang jatohnya malah sakit, karena asep hitam knalpot di mana-mana. πŸ™‚

Leave a Reply

