Tentang Pentingnya Waktu

Untuk memahami nilai sebuah waktu, tanyalah kepada mereka…

• Untuk memahami makna SATU TAHUN, tanyalah pada siswa yang tidak naik kelas.
• Untuk memahami makna SATU BULAN, tanyalah pada ibu yang melahirkan bayi premature.
• Untuk memahami makna SATU MINGGU, tanyalah pada editor majalah mingguan.
• Untuk memahami makna SATU HARI, tanyalah pada pekerja dengan gaji harian.
• Untuk memahami makna SATU JAM, tanyalah pada seorang yang sedang menunggu kekasihnya.
• Untuk memahami makna SATU MENIT, tanyalah pada seseorang yang ketinggalan kereta.
• Untuk memahami makna SATU DETIK, tanyalah pada seseorang yang selamat dari kecelakaan.
• Untuk memahami makna SATU MILIDETIK, tanyalah pada pelari peraih medali perak Olimpiade.

Oleh karena itu, hargailah setiap detik waktu yang kamu miliki. Ingatlah, waktu tidak menunggu siapa pun, kemarin adalah sejarah, esok adalah misteri, hari ini adalah karunia.

***

Mungkin sebagian dari kalian pernah membaca tulisan seperti di atas, entah itu karangan siapa. Isinya tak begitu panjang, mudah dipahami, dan cukup membangun.
Gue teringat kembali tulisan ini setelah melihat selembar kertas yang terselip dalam buku lama gue yang sudah tertutup debu, tapi tintanya masih tertulis jelas.

catatan-waktu
maklum tulisan lama, jadi agak-agak gimanaa gitu..

Dan semoga setelah gue bagikan di sini, banyak dari kalian yang mulai menghargai nilai sebuah waktu. Ya, walaupun gue sendiri juga masih suka menyia-nyiakan waktu. Tapi saat ini gue mulai berusaha untuk selalu bisa memanfaatkan waktu seproduktif mungkin.

Lewat tulisan ini kita sama-sama belajar, bahwa se(mili)detik pun waktu yang kita miliki sangatlah penting dan berharga. Alangkah sangat menyesalnya kita, apabila dalam hidup kita yang singkat ini, lebih banyak kita lewati dengan melakukan hal-hal yang akan kita sesali di kehidupan yang akan datang kelak. Karena waktu yang sudah lewat, tidak akan pernah bisa kembali lagi.

50 thoughts on “Tentang Pentingnya Waktu

  1. Iya, betul banget. Gue dari dulu selalu menghargai waktu. Soalnya, mau sebanyak apapun materi kita, nggak bakal bisa beli waktu (kecuali waktu orang lain). Wiih, blognya keren nih. Nggak bisa tukeran link ya, Man?

  2. oleh karena itu setiap saat harus selalu di syukuri ya. Salam kenal ya Firman, terima kasih atas kunjungan2nya ke blog saya. Maaf baru bisa berkunjung balik. Saya save ya link blognya

  3. Tanpa terasa gue juga udah sering ngebuang-buang waktu, padahal kalo dipikir-pikir, buang-buang waktu sama aja kayak menyia-nyiakan hidup 😥
    Semoga kita lebih bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin ya 🙂

  4. ya bener. itu kenapa gue selalu usahain tepat waktu kalau ketemu orang. dan paling gak respect sama orang yang udah janji jam segini, malah datang jam segitu. okay, mungkin waktu bagi mereka kurang berharga. 😦

Leave a Reply

