Lomba 17 Agustus Paling Menantang

HUT RI 69 (angka yang bagus)

Hari ini, masyarakat Indonesia melakukan upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-69. Selain melakukan upacara, beberapa warga juga sering mengadakan lomba. Setiap tahunnya sejumlah kampung di seluruh Indonesia akan mengadakan lomba untuk menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Berbagai macam lomba digelar untuk memperingati HUT RI. Lomba permainan semacam ini seakan tak lekang oleh waktu, buktinya sampai sekarang masih kita saksikan di sekitar lingkungan rumah kita. Semua orang, baik wanita, pria, anak- anak, orang tua, janda, duda, ataupun jomblo boleh mengikuti lomba ini. Tak terkecuali gue, sama seperti pemuda bangsa yang lain, gue pun suka banget setiap kali di kampung mengadakan lomba 17 Agustusan. Lomba yang sering gue ikuti biasanya lomba makan kerupuk, karena selain enak juga lumayan buat isi-isi kentut. Di kampung, gue dikenal sebagai Atlet Balap Karung profesional di sirkuit Tamiya. Ekstrim sekali, bukan? (hanya untuk profesional, jangan ditiru!). Tercatat setiap tahunnya gue selalu jadi yang tercepat dan juara 1, belum ada yang bisa ngalahin gue lomba itu sampai saat ini.

Selain lomba tadi, gue juga punya ide menarik yang pas untuk dilombakan saat 17 Agustusan yang nggak kalah menantang dan pastinya Anti-mainstream. Beberapa lomba di bawah ini cocok banget buat kamu yang ingin melatih kesabaran. Gak perlu berbelit, langsung aja.. Cekidot!

1. Panjat Monas

Panjat pinang? Ah, biasa.. cobain deh lomba memanjat yang lebih menantang, panjat monas. Jadi, di situ kamu harus memanjat sampe ujung monas tapi bukan lewat lift, ya, harus dari luar (namanya juga manjat). Lomba ini emang diutamakan untuk warga yang tinggal di Jakarta, karena monas hanya ada di sana. Kalau rumah kamu jauh dari monas, mungkin bisa diganti dengan panjat menara sutet. Sama-sama menantang dan cukup mengerikan.

2. Memasukan setan ke dalam botol

Kalau sebelumnya kita tau ada lomba memasukan paku/pensil ke dalam botol, gue rasa itu cemen banget. Gak perlu jadi ustad dulu untuk bisa ikut lomba ini, minimal bisa ngebedain mana setan dan mana mantan. Tapi alangkah baiknya sebelum kamu mengikuti lomba ini, kamu harus punya jurus penakluk setan dulu deh. Mungkin aja setelah kamu jadi juara lomba ini, kamu langsung dapet undangan buat ngisi acara semacam “[masih] Dunia Lain”. *Gundulin kepala*

3. Ngecat tembok rumah pakai gabus rokok

Seperti biasa pada tahun-tahun sebelumnya, setiap Agustusan ada beberapa rumah warga yang sengaja dicat warna merah-putih. Mungkin ini salah satu bentuk antusias dari mereka, yaitu dengan mengecat rumah mereka seperti warna kebanggaan bendera Indonesia. Kali ini, hal itu dilombakan. Tapi bukan mengecat dengan kuas, roller ataupun alat ngecat lainnya, melainkan dengan gabus bekas rokok. Iya, gabus yang kecil dan bau jigong itu. Kenapa? Keberatan? Asik lho, jangan bilang susah sebelum mencoba!

4. Gali sumur pakai sendok

Lomba bawa kelereng di atas sendok pakai mulut itu emang butuh keseimbangan, salah-salah kelerengnya malah ketelen masuk ke dalem mulut. Sama-sama menggunakan sendok, lomba yang satu ini emang gak butuh keseimbangan, tapi kamu harus bener-bener sabar kalau pengen jadi juara. Karena di lomba ini kamu harus gali sumur cuma pakai sendok sampai terkuras, jadi bisa aja 17 Agustus tahun ini kamu ikut lomba, Agustus tahun depan baru selesai.

5. Nimba air menggunakan keranjang

Kebayang gak sih di pikiran kamu gimana susahnya nimba air pakai keranjang, mungkin sampe HUT RI yang ke satu Abad pun lomba ini gak akan ada yang bisa menangin. Karena air yang diambil pakai keranjang itu jelas mustahil, gak bakal bisa kecuali pakai ember, tapi di situlah letak kesulitannya. Bukankah semakin sulit lombanya, semakin besar pula hadiahnya? Biasanya sih gitu.

6. Makan bubur menggunakan sumpit

Tau bubur kan? itu lho beras yang dimasak dengan air yang banyak, atau bisa dibilang nasi yang teksturnya lebih lembut dan cair. Seperti yang kita tau, nasi adalah makanan pokok Bangsa Indonesia, sedangkan makan menggunakan sumpit adalah ciri khas orang Jepang. Lomba ini mengingatkan kita bahwa Negeri ini pernah dijajah oleh Jepang. Kalau dibilang sulit ya emang sulit, tapi siapa tau karena lomba ini berhubungan dengan Jepang, kali aja pemenangnya bisa dapet jodoh artis Jepang yang terkenal cantik-cantik, bening dan sekseh itu. Mendadak pada semangat pengen ngikut kan pasti yang cowok-cowok. Semangat dong, mblo!

7. Giring siput dari Sabang sampai Merauke

Nah, lomba yang terakhir ini merupakan cara kita mengenal lebih jauh dengan Negeri ini dan juga sekaligus untuk melatih kesabaran. Gimana enggak, mending kalau cuma jalan dari Sabang sampai Merauke, itu aja udah capek banget. Apalagi sambil ngegiring siput coba, gak kebayangkan gimana capeknya. Yang ada baru beberapa langkah perjalanan, kaki udah keropos duluan hilang menyusul siput yang udah mati sebelumnya.

Oke, itulah lomba-lomba ekstrim dari gue yang mungkin bisa kamu adakan pada 17 Agustus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kalau lomba-lomba di atas berhasil kamu lakukan bahkan bisa jadi juara, berarti kamu benar-benar luar biasa. Sangat Berjiwa Nasionalis!

Ayo ikut lomba dan jadilah juara. Merdeka!!

Advertisements

13 thoughts on “Lomba 17 Agustus Paling Menantang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s